agoda

Jumat, 25 Januari 2013

PERMAINAN MASANGIN

Wisata Unik Jogjakarta
                                                                                         hotel murah di jogja

Permainan Masangin
YM Agung Pratiknyo

Mengunjungi kota Jogja kurang lengkap jika tidak berkunjung ke Keraton Yogyakarta.
Tempat yang menyimpan segudang sejarah dan cerita ini wajib utuk dikunjungi. Bukan hanya wisata sejarah dan budaya, namun di sekitar Keraton ini juga dapat ditemui wisata yang unik,salah satunya wisata Permainan Masangin.


Mungkin banyak yang sudah mendengar atau malah sudah pernah mencoba permainan unik ini.

Permainan Masangin atau masuk di antara dua pohon beringin yang tumbuh di halaman Keraton adalah permainan yang hanya digelar di Alun-alun Selatan Keraton Yogyakarta, dan selalu dilakukan pada malam hari. Cara permainan ini terlihat sederhana dimana seseorang dengan mata tertutup berjalan dari pinggir utara Alun-alun Selatan. Orang tersebut kemudian berjalan ke arah selatan dan harus bisa melewati antara dua 'Beringan Kurung' yang terletak ditengah-tengah alun-alun tersebut.
Jika berhasil melewati dua 'Beringin Kurung'tersebut,seseorang dinyatakan berhasil.
Sebaliknya dia dinyatakan gagal jika jalannya melenceng dari arah yang ditentukan.


Permainan ini terlihat mudah , apalagi jarak antara dua 'Beringin Kurung' cukup jauh yakni sekitar  15 meter. Tetapi dalam kenyataannya banyak yang gagal melakukannya. Banyak yang jalannya melenceng dari dua 'Beringin Kurung' tersebut. Ada yang hanya  berputar-putar tanpa arah yang jelas.

Bahkan ada yang justru berbalik arah menuju titik awal semula dia bejalan. 


Tidak ada yang bisa menjelaskan  kenapa begitu sulit untuk menerobos diantara dua 'Beringin Kurung' , padahal jarak kedua beringin tersebut cukup jauh. Tetapi ada pendapat ; kebersihan hati seseorang ikut menentukan behasil tidaknya mereka melakukan Masangin.

Jika hatinya bersih dia akan berhasil. Demikian sebaliknya,jika tidak bersih jalannya akan melenceng, bahkan hanya berputar-putar.


Pada saat- saat tertentu ada panitia yang mengkoordinir acara ini. Tentu ada hadiah yang menarik bagi yang berhasil. Tapi jika tidak ada yang mengkoordinir, masyarakat bisa mencobanya sendiri, tentu dengan pengawasan orang lain. Jika tidak membawa penutup mata, ditempat ini banyak tempat penyewaan yang menyewakan penutup mata.

 

Permainan yang masuk kategori permainan keluarga ini hanya bisa dinikmati malam hari mulai pukul 19.00.wib tanpa dipungut biaya.




Sumber:city guide, What's On Santika Premiere Yogyakarta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar